Thursday, October 10, 2013

cara tahu theme yang dipakai oleh web tertentu

Theme merupakan salah satu faktor penting dalam website. dengan theme yang bagus kita bisa memanjakan visitor dengan tampilan website yang elegant dan bagus. dengan theme pula kita bisa mendapatkan organic traffic atau trafik dari search engine/mesin pencari, jika theme yang kita cukup seo friendly. pada artikel ini kita akan membahas bagaimana kita bisa tahu theme apa yang dipakai oleh website tersebut dan kemana kita harus download theme tersebut. dengan asumsi website menggunakan platform wordpress.

terkadang ketika kita sedang browsing atau blog walking kita menemukan website dengan tampilan yang cukup menarik.  ingin rasanya kita mempunyai theme yang seperti web tersebut gunakan. untuk mengetahuinya caranya cukup mudah. sebelumnya kita harus tahu apakah platform yang digunakan wordpress atau bukan, karena di sini kita hanya akan membahas tentang website yang menggunakan cms wordpress.

sebagai contoh mari kita ambil salah satu website secara acak yaitu warih.web.id, sebagai catatan website ini bukan milik saya dan saya juga tidak kenal dengan pemiliknya, saya ambil web ini secara acak.

mari kita cari tahu apakah web tersebut menggunakan platform wordpress atau bukan. caranya mudah saja, berikut:

buka website tersebut kemudian tekan ctr+u untuk melihat source code dari website tersebut. setelah source muncul sekarang tekan ctr+f dan ketikkan "wordpress" (tanpa tanda kutip). jika anda menemukan kata "wordpress" dalam source code nya maka kita bisa menyimpulkan bahwa website tersebut menggunakan platform wordpress.

sekarang pada langkah selanjutnya yaitu mencari tahu nama theme dan dimana kita bisa mendapatkan theme tersebut.

masih di source code sekarang carilah baris dengan kode script seperti di bawah ini:

lihat pada bagian href="http://warih.web.id/wp-content/themes/techozoic-fluid/ie6.css"

dari url di atas lihat bagian /themes/techozoic-fluid/, nah sekarang kita sudah tahu apa nama theme ini yaitu techozoic-fluid. lalu kemana harus download theme ini?

buka alamat/url tersebut. biasanya anda sudah bisa mendapatkan semua informasi tentang theme pada halaman css tersebut, namun kali ini lain. halaman ie6.css punya website tersebut ternyata tidak memberikan informasi apapun. tenang jangan kawatir!

ganti ie6.css menjadi style.css, sehingga alamat lengkapnya menjadi seperti berikut ini:

http://warih.web.id/wp-content/themes/techozoic-fluid/style.css

coba buka url di atas. nah, kita dapatkan informasi yang sangat lengkap sekali mengenai theme ini mulai dari nama, theme url, sampai dengan nama pembuatnya dan alamat website si pembuat, lengkap sekali kan!?

untuk menggunakan theme yang sama dengan website tersebut silahkan kamu cari themenya melalui url yang tertera pada bagian "theme url".

1 comment:

  1. owh cara nya kayak gitu ngecek themes website lain. Website sekarang udah ada nama themes dibagian footer. jasa web design seo

    ReplyDelete