Wednesday, September 25, 2013

kirim terima sms dari ubuntu dengan gammu dan wammu

hampir saja saya mengurungkan niat untuk pindah dari windows ke ubuntu karena aplikasi modem bawaan ubuntu hanya bisa untuk connect  ke internet saja, tidak bisa cek sms yang masuk ataupun kirim sms dari modem. tapi alhamdulillah setelah googling-googling sebentar ternyata ada aplikasi yang cukup bagus dan fiturnya juga cukup lengkap diantaranya untuk send/receive (kirim terima) sms melalui modem dari ubuntu, namanya gammu dan wammu. di artikel ini saya akan menuliskan bagaimana cara install gammu dan wammu untuk kirim dan terima sms melalui gsm modem, dalam hal ini modem saya menggunakan modem option icon 225. untuk anda yang menggunakan modem yang lain caranya juga sama saja, hanya sedikit menyesuaikan konfigurasinya saja. langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:



tentu saja kita tidak ingin memasukan password tiap kali ingin mengirim sms, untuk itu langkah pertama adalah menambahkan user kita ke group dialout. semua member dari group ini mempunyai wewenang untuk menggunakan "modem-like devices" pada ubuntu. berikut perintahnya:

sudo adduser $USER dialout


sebenarnya apa perbedaan dari gammu dan wammu sendiri? gammu sendiri boleh dibilang adalah engine dari aplikasi sms ini, sedangkan wammu adalah frontend/GUI sebagai graphical interface antara gammu sendiri dan user.

berikut perintah untuk menginstall gammu dan wammu


sudo apt-get install gammu wammu


selanjutnya adalah konfigurasi. sebelum masuk ke konfigurasi kita perlu tahu terlebih dahulu jenis modem yang kita gunakan disupport atau tidak oleh gammu. caranya anda bisa lihat di link berikut ini:

http://wammu.eu/phones/

dalam hal ini modem saya adalah option icon 225 yang mana data untuk connectionya adalah "at19200". data connection silahkan sesuaikan dengan modem anda.

satu hal lagi yang perlu anda ketahui adalah entries untuk GSM modem anda di direktori /dev. entries ini biasanya diawali dengan kata/prefix "tty". silahkan cek punya anda dengan perintah berikut ini:


artikelid:~$ dmesg|grep tty
[ 0.000000] console [tty0] enabled
[ 8.103849] usb 2-2: GSM modem (1-port) converter now attached to ttyUSB0
[ 8.103998] usb 2-2: GSM modem (1-port) converter now attached to ttyUSB1


terlihat bahwa entriesnya adalah ttyUSB0 dan ttyUSB1

sekarang untuk mengkonfigurasi gammu, gunakan perintah berikut ini


gammu-config


akan muncul seperti di bawah ini

[caption id="" align="alignnone" width="376" caption="gammu wammu configuration"]gammu wammu configuration[/caption]

isi port dan connection sesuai dengan data modem anda kemudian save, setelah itu anda akan mendapati file .gammurc di home directory anda.

untuk cek apakah konfigurasi sudah benar atau tidak gunakan perintah berikut ini:
gammu --identify

catatan: untuk bisa menggunakan gammu anda harus mematikan "mobile broadband option", caranya klik kanan pada "Network manager" kemudian uncheck "Enable mobile broadband" option, network manager berada di kanan atas sampingnya penunjuk waktu/jam. jika hal ini tidak anda lakukan kemungkinan anda akan mendapati error berupa permission denied.

selanjutnya untuk melihat semua pesan sms di modem anda bisa menggunakan 2 cara yaitu dengan command line atau dengan interface GUI dari wammu. dengan command line caranya menggunakan perintah berikut ini:

gammu getallsms


untuk mengirim sms gunakan perintah berikut ini:

sudo echo "pesan sms yang mau dikirim" | gammu --sendsms TEXT 085xxxxx

sedangkan jika ingin menggunakan interface wammu caranya pada menu applications piih accessories kemudian wammu. selanjutnya connect modem anda dengan klik Phone -> Connect. menu retrieve akan menyala jika modem/phone anda sudah terkoneksi dengan benar, anda bisa retrieve semua pesan yang tersimpan di modem/phone melalui menu tersebut.

jika tidak juga bisa terkoneksi kemungkinan konfigurasi connection dan port yang anda masukan salah. silahkan di cek sekali lagi.

selamat mencoba, semoga sekarang anda bisa send/receive atau terima dan kirim sms melalui ubuntu anda.

No comments:

Post a Comment