Saturday, August 17, 2013

macam-macam blog gratisan

Jaman sekarang nggak punya blog rasanya udah ketinggalan jaman. jangan mau dibilang gaptek hanya karena gak punya blog. padahal bikin blog itu gampang, dan yang lebih penting gratis. ada bermacam-macam blog gratisan yang bisa kamu pakai. berikut ini ulasan dari masing-masing blog gratisan beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Wordpress


platform blog wordpress sangat populer, sebenarnya ada 2 jenis wordpress; pertama adalah wordpress gratisan dan yang kedua adalah wordpress self hosting. untuk wordpress self hosting ini sebenarnya juga gratis cuman kamu mesti punya hosting/server sendiri, dan harus ngerti basic/ilmu tentang hosting/server.


yang paling mudah menggunakan wordpress gratisan, dengan wordpress gratisan kamu tidak perlu punya hosting/server sendiri. cukup registrasi saja di wordpress.com, gratis. cara registrasinya cukup mudah, sama lah seperti kalau kamu register akun facebook. saya yakin pasti bisa.


kelebihan dari platform blog wordpress:



  • interfacenya simple dan mudah baik untuk pemula ataupun advance

  • dukungan plugin dan theme sangat banyak dan gratis

  • script sangat flexibel, simpel, dan powerful. anda bisa mengubah platform ini menjadi blog, portal berita seperti detikcom, social network seperti facebook, Question and answer portal, dll.

  • bersifat open source dengan dukungan komunitas mencapai juataan member

  • SEO

kekurangan platform wordpress:



  • untuk yang wordpress gratisan kamu tidak bisa memasang kode iklan seperti adsense dll. kalau kamu ingin memasang adsense atau iklan ppc di blog kamu, kamu bisa make wordpress yang self hosting seperti web ini juga menggunakan wordpress self hosting.

  • kekurangan lainnya?mmm.. apa ya? dari sekian banyak platform blog yang pernah saya pakai baik berbayar maupun gratisan, wordpress yang paling powerful dan flexibel menurut saya.

blogspot/blogger


blogger/blogspot merupakan platform blog milik google. cara penggunakannya cukup mudah. anda bisa registrasi gratis di blogger.com.


kelebihan:



  • kamu bisa pasang kode adsense atau iklan ppc lainnya di blog blogspot kamu.

  • kamu gak perlu punya hoting/server sendiri. bandwidth yang diberikan blogspot unlimited, artinya berapapun jumlah pengunjung website kamu, kamu gak perlu keluar biaya sepeserpun.

  • kamu bisa membeli domain kemudian memasang domain tersebut ke blogspot kamu. artinya, alamat blog kamu bisa kamu bikin menjadi www.blogguekerenkan.com , dll.

kekurangan:



  • blogspot tidak bersifat open source

  • untuk tingkat advance, blogspot kurang flexible karena tidak bisa terlalu banyak di customize

  • plugin yang disediakan tidak sevariatif dan sebanyak wordpress

multiply


blog multiply juga gratis namun kelemahannya pada blog kamu nanti akan muncul iklan di sebelah kiri atau kanan blog kamu. untuk mengilangkan iklan tersebut anda harus upgrade blog anda dengan membayar sejumlah yang diminta.


joomla


joomla bersifat open source dan flexible namun kamu membutuhkan self hosting sendiri. dibanding dengan wordpress, menurut saya joomla lebih sulit baik untuk level pemula atau advance.


masih banyak lagi blog-blog gratisan dengan segala kelebihan dan kekurangan. sarang saya jika kamu ingin punya web/blog gratisan tapi belum punya self hosting sendiri lebih baik makai blogspot. karena dengan blogspot kamu bisa memonetize blog kamu dengan program ppc apapun.


sedangkan jika kamu sudah punya self hosting sendiri, saran saya pakai wordpress. kamu bisa download script wordpress untuk self hosting di wordpress.org, gratis.

No comments:

Post a Comment