Friday, May 3, 2013

INSTALASI LINUX AUDITOR SECURITY - 2.3 Memulai Instalasi Melalui CDROM

Instalasi linux auditor security dapat dilakukan melalui CDROM, artinya semua paket yang ingin diinstall berada pada 1 atau lebih CDROM. Untuk melakukan instalasi dari CDROM sebelumnya ubah setting BIOS sehingga CDROM menjadi media boot yang pertama. Setelah setting BIOS selesai masukan CD Linux Auditor Security dan restart komputer anda, maka akan tampak tampilan awal berupa boot menu yang akan nampak seperti pada gambar 3.2 berikut ini:

[caption id="attachment_680" align="alignnone" width="300" caption="Boot menu Linux Auditor Security"]Boot menu Linux Auditor Security[/caption]

Boot menu tersebut memberikan pilihan mengenai resolusi yang ingin anda gunakan, sesuaikan resolusi yang anda gunakan dengan kemampuan hardware anda, dalam hal ini penulis menggunakan resolusi 1024x768. Setelah anda memutuskan untuk menggunakan resolusi mana yang sesuai dengan hardware pada komputer anda, tuliskan angka yang menunjukan pilihan anda kemudian tekan enter. Tunggu beberapa saat dan kemudian Linux Auditor Security telah berjalan pada komputer anda secara live.

Anda sudah dapat menjalankan linux auditor security secara live, sekarang saatnya instalasi linux auditor security pada hard disk. Berikut ini adalah langkah instalasi yang dapat dilakukan:

  • Klik start menu > system > auditor HD instaler


Atau bisa juga melalui console dengan mengetikan perintah berikut ini :

root@hhan:~# IGNORE_CHECK=1 sudo knoppix-installer

Setelah perintah tersebut dijalankan kita akan dihadapkan pada tampilan window seperti berikut ini :

[caption id="attachment_681" align="alignnone" width="300" caption="Tampilan awal auditor instalation"]Tampilan awal auditor instalation[/caption]

  • Klik ok


Sesaat kemudian muncul window kanotix main menu.

[caption id="attachment_682" align="alignnone" width="300" caption="Kanotix main menu"]Kanotix main menu[/caption]

  • Pilih menu 2. Start instalation > ok


Pilih partisi tempat linux auditor security ingin di install, dalam hal ini /dev/hda3. Kemudian klik Next.

[caption id="attachment_683" align="alignnone" width="300" caption="tipe file system"]tipe file system[/caption]

Kotak dialog ini meminta anda untuk menentukan file system dari partisi linux anda seperti halnya pada saat penggunakan QTParted, pilih reiserfs kemudian klik next.

  • Pilih reiserfs > next


Setelah kotak dialog file system akan muncul kotak dialog surname seperti dibawah, yang perlu digaris bawahi disini, surname bukan merupakan user name.

[caption id="attachment_684" align="alignnone" width="300" caption="Input surname"]Input surname[/caption]

Masukan surname untuk user misalnya “herahadi”, surname nantinya akan ditampilkan pada kotak dialog username sesaat sebelum login pada linux auditor security. Setelah tombol next anda klik, anda akan dihadapkan pada sebuah window yang meminta anda untuk menentukan username non root. User name ini akan digunakan untuk login selain root. Masukan usernamenya “hhan” kemudian klik next.

  • Ketikan hhan > next


[caption id="attachment_685" align="alignnone" width="300" caption="kotak dialog user name"]kotak dialog user name[/caption]

  • Next


Selanjutnya anda akan diminta untuk memberikan nilai pada kotak dialog user password. Masukan “hhan” (tanpa tanda petik) sebagai password untuk user “hhan” kemudian klik next.

Setelah password untuk user hhan, kini kita akan diminta untuk memasukan password root. Masukan kata kunci “rahasia” untuk password root.

  • Klik next


 Masukan hostname anda, penulis mengisikan “hhan” untuk hostname, kemudian klik next.

  • Klik next


Disini kita diminta untuk menentukan dimana kita akan menaruh boot loader (grub) akan diinstalkan. Terdapat dua pilihan mbr (master boot record) dan partition (root partition). Pilih mbr kemudian klik next.

[caption id="attachment_686" align="alignnone" width="300" caption="Kotak dialog grub"]Kotak dialog grub[/caption]

  • Pilih mbr (master boot record) > next


Setelah menentukan dimana boot loader akan kita instalkan akan muncul sebuah kotak dialog yang akan memproses semua konfigurasi yang sudah kita buat. Klik next untuk memulai instalasi, yakinkan konfigurasi anda sudah benar karena setelah anda menekan tombol next, partisi /dev/hda3 akan diformat.

setelah proses selesai maka anda akan dibawa pada dialog bok yang meminta anda memasukan disket untuk digunakan sebagai rescue disk. Pilih “no” dan instalasi linux auditor security telah selesai.

Kini komputer anda telah terinstal linux auditor security secara permanen. Untuk memastikanya reboot komputer anda, ambil cd instaler linux auditor security dari dalam CDROM , dan ubah setting BIOS kekondisi awal. Saat pertama kali booting kita akan dihadapkan pada GRUB menu yang terdiri dari pilihan sistem operasi yang ingin dijalankan. Menu tersebut kurang lebih seperti berikut ini:


Debian GNU/Linux, kernel 2.6.11-auditor-10 Default
Debian GNU/Linux, kernel 2.6.11-auditor-10
Windows 2K/XP/2003 (hda1)

Arahkan cursor pada pilihan Debian GNU/Linux, kernel 2.6.11-auditor-10, kemudian tekan enter. Setelah beberapa saat akan muncul kotak dialog login. Terdapat dua pilihan login, login sebagai administrator (root) atau login sebagai user biasa (hhan). Untuk lebih amanya, pilih login sebagai user biasa (hhan). Klik “hhan” isikan passwordnya “hhan” kemudian klik login. Kini anda sudah berhasil masuk pada GUI linux auditor security.

No comments:

Post a Comment