Tuesday, August 13, 2013

cara browsing/selancar di internet yang tidak menghabiskan bandwidth

tidak dapat dipungkiri, biaya bandwidth atau internet di Indonesia masih tergolong sangat mahal sekali jika dibandingkan dengan negara lain. rata-rata untuk internet dengan quota 1GB biayanya sekitar 50rb rupiah, itupun dengan kecepatan yang pas-pasan. 1GB itu sangat kecil sekali, bahkan hanya untuk sekedar browsing-browsing kesana kemari saja bisa habis sebelum satu bulan. ada tips dan trick kusus yang biasanya saya lakukan agar quota bandwidth internet saya tetap hemat dan kegiatan berselancar saya jadi cepat. berikut ini cara-caranya:


  1. gunakan internet hanya seperlunya saja, jika mau ditinggal dalam waktu yang relatif lama lebih baik dimatikan saja

  2. non aktifkan semua auto update pada aplikasi, misal auto update windows, auto update antivirus, dll.

  3. perjarang mengakses website-website dengan konten full gambar atau video sebisa mungkin

  4. matikan javascript dan gambar pada browser anda. jika anda menggunakan firefox berikut caranya:
    pada menu "tool">"options" pilih tab "content", kemudian hilangkan pilihan "load image automatically" dan "enable javascript". lihat gambar.
    mempercepat koneksi internet

dengan cara diatas anda dapat mempercepat koneksi internet dan hemat bandwidth, namun tentu saja segala hal pasti ada sisi negatifnya.


sisi negatifnya antara lain tampilan website yang anda kunjungi menjadi tidak sebagus jika anda menghidupkan fasilitas javascript. gambar-gambar pada website yang anda kunjungi jadi tidak dimunculkan.


demikian tips dari saya agar internetan anda lebih cepat dan hemat bandwidth. semuanya terserah anda, ingin cepat dan hemat bandwidth tapi kurang nyaman atau ingin nyaman tapi boros bandwidth dan lambat.

No comments:

Post a Comment