Thursday, August 15, 2013

target visitor lokal/indonesia pilih hosting lokal IIX atau luar?

dengan adanya adsense untuk bahasa indonesia dan desas-desus akan dibukanya cabang google di indonesia, dunia/bisnis online di indonesia semakin menggeliat. banyak publisher-publisher yang dulu mengembangkan web berbahasa inggris sekarang berbondong-bondong untuk mengadu nasib dengan bahasa sendiri. banyak web-web atau blog baru berbahasa indonesia yang bermunculan. hal ini merupakan trend positif bagi indonesia. sepertinya perekonomian di indonesia akan segera berdampingan dengan sektor IT. selama ini sektor IT masih sekedar tool yang hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan menengah keatas. dengan semakin menggeliatnya dunia internetan di indonesia sepertinya usaha-usaha kecil dan menengah kebawah akan semakin maju juga. beberapa tahun ke depan mungkin ketika orang mau beli pisang satu truk yang dia lakukan adalah mencari distributor pisang di internet.
karena selama ini para publisher bermain dengan visitor atau target pasar luar negeri kususnya U.S., banyak dari mereka yang bingung ketika memasuki pasar dalam negeri yang notabene daerahnya sendiri. salah satu masalahnya adalah server. untuk server selama ini mereka/kita memakai server luar negeri yang biasanya berlokasi di U.S. seperti hostgator atau hawkhost. dengan perubahan target pasar yaitu lokal server mana yang lebih baik secara seo, IIX/lokal atau U.S.?

setelah mempelajari google webmaster guideline belum saya temukan pengaruh letak server pada seo (atau mungkin saya kelewat?). tapi mungkin mempengaruhi seo atau posisi serp juga meskipun kecil. terus terang saya belum pernah melakukan experiment untuk hal ini.

setahu saya pada google webmaster guideline mereka lebih menyukai website dengan TLD country code (cc). maksudnya begini, hasil pencarian pada google.co.id akan lebih mengedepankan web-web ber-extensi .xx.id, sedangkan hasil pencarian pada google.com.my akan lebih mengedepankan web-web ber-extensi .xx.my, dst. dengan asumsi kekuatan seo lainnya sama persis (misal jumlah backlink, pr, umur, dll).

kemudian faktor yang berikutnya adalah kecepatan akses yang dirasakan pengunjung. dengan menggunakan server IIX tentu saja website akan lebih cepat di akses oleh pengunjung lokal dibanding dengan menggunakan server U.S.. namun website dengan menggunakan server IIX akan lebih lambat jika diakses dari luar negeri, tapikan visitor yang kita bidik adalah visitor lokal?!. oh ya... kecepatan akses sebuah website juga menjadi penentu google menentukan posisi serp dari sebuah website loh! meskipun hal ini merupakan faktor penentu yang entah no berapa, tapi pengaruh meskipun kecil.

Semoga saja dengan menggeliatnya dunia IM lokal, bisnis hosting di indoensia juga ikut semakin berkembang. saya sendiri sampai tulisan ini dibuat masih menggunakan hosting luar negeri, tapi akan sangat senang sekali pindah ke hosting lokal seiring dengan semakin baiknya pelayanan dan kualitas mereka. sebenranya awal-awal dulu memakai hosting lokal tapi karena biaya bandwidth dan pelayanan serta dari sisi keamanan masih sangat kurang akhirnya pindah ke hosting luar.

semoga hosting lokal semakin maju, dan negara kita bisa semakin maju juga. semoga nanti bule-bule yang antri menggunakan jasa hosting kita seperti halnya kita sekarang yang antri menggunakan jasa mereka. amiin.

1 comment:

  1. HOSTING BAGUS,TIDAK HARUS MAHAL,
    Berikut tips Pilih Hosting yg bagus yaitu
    -web server harus Cepat
    -Alocasi Ram yg di berikan perklien
    -batasan Banwid yg Luas
    -suport bagus,

    bacasaya!! Berikut saran saya, untuk Untuk urusan hosting Kita lihat Webserver yg di pakainya
    1.Apace (yg di gunakan hosting standar)
    2.nginx (di paka oleh Hosting Kelas menengah misal hosgator )
    3.LiteSpeed (adalah tingat terbaik utk bisnis dan Trafik raksasa ) saan ini, untuk Hosting Indonesia,hanya tersedia di hosting dewaweb, dengan harga mulai 200ribu saja, Plus gratis domain (saat Informasi ini di tulis)

    Bukan itu saja dewaweb, juga ada paket Cloud Hosting, untuk website Personal, e-commerce dan small, sampai business.
    Dewaweb adalah official partner LiteSpeed Technologies dan menggunakan versi tertinggi LiteSpeed Enterprise yang terbukti 40x lebih cepat dari Apache webserver dan di-desain untuk menangani website dengan volume traffic yang sangat tinggi. - Lanjuut https://goo.gl/0RM5nu

    ReplyDelete