Monday, August 19, 2013

INSTALASI LINUX AUDITOR SECURITY - part 2.1 Partisi Menggunakan Partition Magic

Setelah mempelajari bab ini anda akan merasa begitu mudahnya instalasi linux auditor security, semudah anda menginstal Windows yang hanya klik “next” dan “finish”, begitu pula instalasi linux auditor security, bahkan sebenarnya linux auditor security tidak memerlukan instalasi untuk bisa dijalankan pada komputer anda karena linux auditor security yang bersifat live cd, artinya anda dapat menjalankan sistem operasi linux auditor security langsung dari cd seperti halnya knopix yang tanpa harus menginstallnya di hardisk.

Sebelum anda melakukan instalasi linux auditor security pada hardisk anda, diperlukan sebuah partisi kusus sebagai tempat penyimpanan instalasi. Partisi ini dapat dibuat menggunakan Partition Magic jika sebelumnya komputer anda telah terinstal windows, namun jika komputer anda belum terinstal windows linux auditor security telah menyediakan sebuah tool partisi yang disebut QTParted, anda bisa menggunakan tool ini untuk mempartisi hard disk anda. Linux auditor security membutuhkan partisi minimal sebesar 1 GB untuk instalasi dan 128 MB untuk swap jika komputer anda memiliki memory kurang dari 256 MB, dalam hal ini penulis tidak menyediakan partisi kusus untuk swap. Nantinya kita akan membuat swap file tersendiri yang berada satu partisi dengan partisi linux auditor security.

2.1  Partisi Menggunakan Partition Magic


Sebelumnya tentu saja harus terinstall partition magic pada komputer anda dan penulis mengasumsikan bahwa anda sudah bisa menginstall partition magic pada komputer anda, dalam hal ini penulis menggunakan partition magic 8.0. pada windows XP. Untuk memulainya langkah – langkahnya adalah seperti berikut ini :

  • Klik start menu > All Program > Powerquest Partition Magic 8.0 >Partition Magic 8.0


[caption id="attachment_668" align="alignnone" width="298" caption="Gambar 2.0 Menjalankan Partition Magic 8.0"]Gambar 2.0 Menjalankan Partition Magic 8.0[/caption]

 

Setelah partition magic dijalankan maka akan disuguhi tampilan window dari partition magic 8.0 yang meberikan informasi dari partisi hard disk kita secara visualisasi.

 

  • Buat sebuah partisi sebagai primary partition dengan tipe Linux Ext3. dalam hal ini penulis membuat sebuah partisi sebesar 4 GB. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 3.1 di bawah ini.


[caption id="attachment_669" align="alignnone" width="300" caption="Gambar 2.1 Membuat partisi linux"]Gambar 2.1 Membuat partisi linux[/caption]

 

  • Klik ok > apply


Setelah proses pembuatan partisi selesai maka semua persiapan untuk instalasi linux auditor security telah selesai dan instalasipun bisa dimulai.

No comments:

Post a Comment